Amelia, Afri (2015) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS SMA PADA GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136132058 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8136132058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3. NIM. 8136132058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8136132058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 8136132058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 8136132058 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8136132058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8136132058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8136132058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM.8136132058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM. 8136132058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
prinsip-prinsip supervisi yang sebagaimana mestinya seperti prinsip ilmiah.
Masalah dalam peneltian ini adalah : 1)Bagaimanakah implementasi supervisiakademik oleh pengawas SMA pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam merencanakan pembelajaran di Kota Medan? 2) Bagaimanakahimplementasisupervisiakademik oleh pengawas SMA pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam melaksanakan proses pembelajaran di Kota Medan?Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas SMA pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam merencanakan pembelajaran di kota Medan; 2)Mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas SMA pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam melaksanakan proses pembelajaran di Kota Medan. Melalui metode kualitatif dengan peneliti sebagai human instrumen, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data dari pengawas SMA dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari temuan penelitian ditentukan beberapa kesimpulan, yaitu : 1) Implementasi implementasi supervisi akademik dalam merencanakan pembelajaran dilakukan dengan teknik individu dan kelompok. Teknik individu dilakukan dengan cara pribadi guru bertemu dengan pengawas sekolah di kantor kepala sekolah ataupun ruang guru. Supervisi dalam merencanakan diawali dengan kunjungan ke sekolah melalui kepala sekolah. Pembinaan diberikan jika ada kekurangan atau masalah dalam perencanaan pembelajaran yang dibuat guru. Sedangkan teknik kelompok dilakukan dengan cara mengumpulkan guru-guru sub rayon untuk diberikan pembinaan. Namun, jika pengawas yang membina di sekolah itu adalah pengawas mata pelajaran bahasa Indonesia, pembinaan diberikan secara individu. 2) Implementasi supervisi akademik oleh pengawas SMA dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model konvensional dengan pendekatan yang belum inovatif. Supervisi dilakukan dengan melakukan kunjungan ke kelas dengan menilai cara mengajar guru. Hal itu disebabkan karena pengawas sekolah dalam melakukan supervisi akademik belum sepenuhnya menggunakan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Ame i |
Keywords: | Supervisi akademik; Pengawas SMA; Mata Pelajaran bahasa indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 04:28 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1898 |