Sinaga, Ronytua (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MOTIVASI BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Surat Pernyataan, Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (717kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Quantum Teaching dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Rangkaian Listrik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians faktorial 2 x 2.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Medan pada semester satu tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan kelas menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar menguasai rangkaian listrik yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan memiliki motivasi belajar tinggi adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = 0,190> Lhitung = 0,140 dan data hasil belajar menguasai rangkaian listrik yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum teaching dan memiliki motivasi belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,08 > Lhitung = 0,220 dan data hasil belajar menguasai rangkaian listrik yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori dan memiliki motivasi belajar tinggi adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,159> Lhitung = 0,220 dan data hasil belajar menguasai rangkaian listrik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki motivasi belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,190> Lhitung = 0,158 dan kedua varians data adalah Homogen ( 2 hitung = 1,38 < 2tabel = 7,82). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaran Quantum teaching dan strategi pembelajaran ekspositori memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 9,69> Ftabel = 3,94) (b) Tinggi rendahnya motivasi belajar memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 46,04 > Ftabel = 3,94), (c) ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = 4,72> Ftabel = 3,94).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.207 19 Sin p |
Keywords: | Hasil Belajar;Strategi Pembelajar;Quantum Theaching;Ekspositori; Motivasi Beajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4001 Applications of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18970 |