Simbolon, Narson (2014) PENGGUNAAN SOFTWARE ELEKTRIK KUMANDA TEKNILERI SIMULATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) DI SMK IMMANUEL MEDAN TAHUN PELAJARAN 201. Undergraduate thesis, UNIMED.
1Cover.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (241kB) | Preview
5ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
6KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
7DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
8DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
11BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
15BAB V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
16DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah software EKTS mampu meningkatkan hasil belajar dan respon siswa dalam pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik pada Siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di SMK Immanuel Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 jumlah siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) adalah 22 orang dan metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil belajar yang didapat pada pembelajaran tahun sebelumnya bahwa dari 32 jumlah siswa hanya ada 12 orang ( 37,5 %) yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Pada pembelajaran Siklus I yang mencapai nilai KKM sebanyak 14 orang (63,63 %) dari jumlah siswa seluruhnya. Dengan melihat persentase tersebut maka perlu dilanjutkan pada pembelajaran Siklus II. Pada pembelajaran Silkus II yang mencapai nilai KKM sebanyaK 19 orang (86,36 %) yang artinya siswa sudah mencapai nilai ketuntasan ≥ 85 %. Berdasarkan ketertarikan dari hasil angket menunjukkan bahwa 20 orang (90,90 %) dikategorikan tertarik dengan media pembelajaran yang digunakan hanya ada 2 orang (9,09 %) yang tidak tertarik. Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa pembelajaran dengan media EKTS dapat meningkatkan hasil belajar Siswa pada kompetensi Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di SMK Immanuel Medan Tahun Pelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.340 719 Sim p |
Keywords: | Hasil Belajar;Media;Komputer;Simulasi;Pembelajaran MSPEM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4601 Electric heating |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18968 |