Sandria, Jaka Dwi (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA TINGKAT X JURUSAN AUDIO VIDEO SMK SWASTA BANDUNG -2 TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509331022 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 509331022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
3. NIM. 509331022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. NIM. 509331022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM. 509331022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 509331022 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. NIM. 509331022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
10. NIM. 509331022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
14. NIM. 509331022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 509331022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Menerapkan Dasar Dasar Elektronika yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar serta interaksinya pada strategi pembelajaran pada siswa tingkat X SMK Swasta Bandung -2 Tahun Ajaran 2013/2014. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental yang mana dalam pelaksanaan diadakan perlakuan kepada kelompok-kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta Bandung -2 yang mengikuti sub kompetensi Menerapkan Dasar Dasar Elektronika yang terdiri dari 2 kelas, satu kelas, diajar dengan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Kontekstual (kelas eksperimen) dan satu kelas lagi diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Konvensional (kelas kontrol). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 18 dan 18 orang, jadi jumlah sampel seluruhnya sebanyak 36 orang. Perlakuan dilakukan slama 2 minggu atau sebanyak 2 kali pertemuan tatap muka untuk masing-masing kelas. Kelas Eksperimen diajar oleh peneliti sedangkan kelas kontrol juga diajar oleh peneliti. Perlakukan yang diberikan berdasarkan pada Rencana Pelaksaan Pembelajaran yang telah disiapkan oleh peneliti. Pada akhir pertemuan, kedua kelas penelitian diberi Posttes untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes inilah dapat diketahui sejauh mana pengaruh yang terjadi pada siswa.Dari hasil analisis data dengan menggunakan Anava faktorial 2x2 dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar strategi Pembelajaran Kontekstual lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi Pembelajaran Konvensional, dimana Fhitung > Ftabel, yaitu 6,351 > 4,14. Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dimana Fhitung > Ftabel, yaitu 11,96 > 4,14. Dan terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan strategi Kontekstual dan pembelajaran menggunakan strategi Konvensional dengan tingkat Motivasi Belajar terhadap hasil belajar Menerapkan Dasar Dasar Elektronika pada siswa kelas X Jurusan Audio Video SMK Swasta Bandung -2 , dimana Fhitung > Ftabel yaitu 44,216 > 4,14.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 9 San p |
Keywords: | hasil belajar; strategi pembelajaran; kontekstual; konvensional; motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18952 |