Lumbantoruan, Feronica (2014) KESULITAN BELAJAR MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA PADA SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
cover proposal2.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Lembar Persetujuan & Pernyataan.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menggambar proporsi tubuh dalam mengikuti mata pelajaran menggambar busana pada hasil menggambar proporsi tubuh wanita dewasa di kelas XI Busana Butik SMK Negeri 8 Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Busana Butik Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak empat kelas dengan jumlah 57 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel secara acak sederhana melalui pengundian yakni, memasukkan semua nama siswa yang menjadi populasi kemudian diundi, yang namanya keluar itulah yang menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu cara atau penelitian yang bersifat mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian untuk dianalisis. Uji penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan yang terdiri dari 57 orang siswa, uji penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar observasi (Pengamatan) yang berisi skor-skor yang berkaitan dengan kesulitan menggambar proporsi tubuh wanita dewasa yang akan dilakukan oleh para siswa di sekolah. Berdasarkan hasil kesulitan menggambar proporsi tubuh wanita dewasa di SMK Negeri 8 Medan diperoleh skor tertinggi 38,4, skor terendah 26, skor rata- rata (mean) = 33,81 dan standar deviasi (SD) = 3,06. Kesulitan siswa dalam menggambar proporsi tubuh dibatasi pada hasil kemampuan menggambar proporsi tubuh wanita dewasa yang terdiri dari perbandingan 8 ½ x tinggi kepala (3cm), kepala, bahu, dada, pinggang dan siku, batas pinggul dan pergelangan tangan, ujung jari tangan, lutut, betis, pergelangan kaki, ujung jari kaki, aspek kerapihan, dan aspek kebersihan. Kesulitan menggambar pada bagian-bagian tubuh tersebut banyak terjadi pada saat membentuk bulatan dan lengkungan serta tarikan-tarikan garis lurus pada bagian-bagian proporsi tubuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.407 19 Lum k |
Keywords: | Kesulaitan Belajar; Menggambar Busana; Anatomi Tubuh; Proporsi tubuh; Alat dan Bahan |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture > NA2695 Architectural drawing and design |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18948 |