PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARANKUANTUM (QUANTUM TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS & HASIL BELAJARMENERAPKAN DASAR- DASAR GAMBAR TEKNIK (MDGT) SISWA KELAS X PROGRAMKEABLIAN GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TABUN AJARAN2013/2014

Pasaribu, Kristina Hariana (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARANKUANTUM (QUANTUM TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS & HASIL BELAJARMENERAPKAN DASAR- DASAR GAMBAR TEKNIK (MDGT) SISWA KELAS X PROGRAMKEABLIAN GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TABUN AJARAN2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of (1) 509411005 cover.pdf]
Preview
Text
(1) 509411005 cover.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of (3) 509411005 pengesahan.pdf]
Preview
Text
(3) 509411005 pengesahan.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of (4)509411005 abstrak.pdf]
Preview
Text
(4)509411005 abstrak.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of (5) 509411005 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
(5) 509411005 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (732kB) | Preview
[thumbnail of (6) 509411005 daftar isi.pdf]
Preview
Text
(6) 509411005 daftar isi.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of (7) 509411005 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
(7) 509411005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of (8) 509411005DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
(8) 509411005DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of (10) 509411005 BAB I.pdf]
Preview
Text
(10) 509411005 BAB I.pdf - Published Version

Download (960kB) | Preview
[thumbnail of (14) 509411005 BAB V.pdf]
Preview
Text
(14) 509411005 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of (15) 509411005 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
(15) 509411005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan basil belajarMDGT kelas X di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan menerapkan ModelPembelajaran Quantum TeachingSubjek penelitian ini adalah siswa kelas X program Keahlian GambarBangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/ 2014 dengan jumlahsiswa sebanyak 30 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuanuntuk mengetahui rata-rata basil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan.Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu tes belajar MDGT diujicobakan dilanjutkan dengan uji validitas dan reabilitas. Untuk perhitungan ujivaliditas butir digunakan rumus Product Moment dan uji reabilitas digunakan K-R 20.Suatu butir tes dikatakan valid apabila rhitung > ftabel pada taraf signifikan 5%. Denganbasil tes digunakan 20 soal dengan nilai r11=0,90 maka reliabilitas soal adalah sangattinggi untuk siklus 1 dan 20 soal dengan nilai r11=0,91 maka reliabilitas soal adalahsangat tinggi untuk siklus 2.Hasil penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Quantum Teachingpada siklus I aktivitas belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelahdilakukan siklus II aktivitas siswa meningkat. Dimana aktivitas siswa pada siklus Idengan kategori Tidak Aktif (TA) adalah sebanyak 18 orang siswa, kategori CukupAktif (CA) adalah sebanyak 6 orang siswa, kategori Aktif (A) adalah sebanyak 6orang siswa, kategori Sangat Aktif (SA) belum ada, sedangkan pada siklus IImengalami peningkatan yaitu untuk kategori Cukup Aktif (CA) adalah sebanyak 1 0orang siswa, kategori Aktif (A) adalah sebanyak 15 orang siswa, kategori SangatAktif (SA) adalah sebanyak 5 orang sedangkan kategori Tidak Aktif (TA) tidak ada.Rata-rata basil belajar MDGT siswa setelah dilakukan penerapan mengalamipeningkatan, dimana dari siklus I nilai rata- rata hasil MDGT siswa adalah 67,33dengan keterangan siswa Belum Tuntas (BT) 17 orang, Cukup (C) 4 orang, Baik (B) 9orang, dan yang Sangat Baik tidak ada. Pacta siklus II nilai rata - rata hasil belajarMDGT siswa meningkat menjadi 81 ,78 dengan keterangan siswa Belum Tuntas (BT)tidak ada, Cukup (C) 7 orang, Baik (B) 20 orang, dan yang Sangat Baik (SB) 3 orang.Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukanpembelajaran yang meriah dengan Penerapan Model Pembelajaran QuantumTeaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pacta mata pelajaran MDGTpada kelas X Program Keahlian Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.Selain itu dapat menirnbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 604.207 19 Pas p
Keywords: MDGT; Aktivitas Belajar; Materi Pembelajaran; Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Quantum Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 22 May 2019 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18930

Actions (login required)

View Item
View Item