Malau, Rinaldo Hasudungan (2013) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR SISWA TINGKAT I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI I LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur dan sekaligus untuk mengetahui tingkat kecenderungan motivasi belajar, kecerdasan emosional, dan hasil belajar penggunaaan dan pemeliharaan alat ukur.Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 57 orang siswa tingkat I Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.Jumlah sampel ditentukan dengan berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, yaitu sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan proporsional random sampling.Data variabel motivasi belajar dan kecerdasan emosional dijaring dengan menggunakan angket sedangkan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat Ukur diambil melalui nilai dokumentasi. Hasil uji coba angket motivasi belajar dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 25 butir angket dengan reliabilitas 0,905 yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan kecerdasan emosional dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 25 butir angket dengan reliabilitas 0,910 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi juga. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat Ukurry1,2 sebesar 0,283, dimana harga ttabelpada taraf signifikansi 5% sebesar 0,1680. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat Ukur ry2,1 sebesar 0,282, dimana harga ttabelpada taraf signifikansi 5% sebesar 0,1680.Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang berarti antara motivasi belajardan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat Ukur dengan koefisien korelasi R sebesar 0,437 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi R2 sebesar 0,191yang berarti 19,1% bahwa hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kecerdasan emosional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 19 Mal h |
Keywords: | Motivasi Belajar; Kecerdasan Emosional; Pemeliharaan; Alat Ukur; Jangka Sorong; Micrometer; Dial Bone; Busur Baja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18920 |