PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGENAL PENGUKURAN ELEKTRONIKA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO SMK NEGERI 2 LANGSA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Setiawan, Ari Rizki (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGENAL PENGUKURAN ELEKTRONIKA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO SMK NEGERI 2 LANGSA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR  ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengrtahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa Mengenal Pengukuran Elektronika Kelas X Program Keahlian Teknik Audio SMK Negeri 2 langsa tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X AV(Audio Video) yang berjumlah 68 orang. Teknik pengambilan sampel dugunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen ( kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium ) adalah kelas X AV1 yang berjumlah 35 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas control ( kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori ) adalah kelas AV2 yang berjumlah 33 siswa.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan mengguanakan post test berupa test kognitif pilihan berganda dan test psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisa data. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Mengenal Pengukuran Komponen Elektronika dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium memiliki skor rata–rata 76,20 sedangkan dengan menggunakan model ekspositori memiliki skor rata–rata 64,88. Secara statistic dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model ekspositori pada mata pelajaran Mengenal Pengukuran Komponen Elektronika di kelas X SMK Negeri 2 Langsa tahun pembelajaran 20012/2013, hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 3.99 > 1.69

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621.381 071 9 Set p
Keywords: Hakekat Belajar; Hasil Belajar; MPKE; Strategi Pembelajaran; Pelatihan Laboratorium; Komponen Elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 30 Apr 2019 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18919

Actions (login required)

View Item
View Item