Setiawan, Ari Rizki (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGENAL PENGUKURAN ELEKTRONIKA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO SMK NEGERI 2 LANGSA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengrtahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa Mengenal Pengukuran Elektronika Kelas X Program Keahlian Teknik Audio SMK Negeri 2 langsa tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X AV(Audio Video) yang berjumlah 68 orang. Teknik pengambilan sampel dugunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen ( kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium ) adalah kelas X AV1 yang berjumlah 35 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas control ( kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori ) adalah kelas AV2 yang berjumlah 33 siswa.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan mengguanakan post test berupa test kognitif pilihan berganda dan test psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisa data. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Mengenal Pengukuran Komponen Elektronika dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium memiliki skor rata–rata 76,20 sedangkan dengan menggunakan model ekspositori memiliki skor rata–rata 64,88. Secara statistic dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Strategi Pembelajaran Pelatihan Laboratorium lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model ekspositori pada mata pelajaran Mengenal Pengukuran Komponen Elektronika di kelas X SMK Negeri 2 Langsa tahun pembelajaran 20012/2013, hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 3.99 > 1.69
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 9 Set p |
Keywords: | Hakekat Belajar; Hasil Belajar; MPKE; Strategi Pembelajaran; Pelatihan Laboratorium; Komponen Elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18919 |