EFEKTIVITAS MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP BRIGJEND KATAMSO II MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sibarani, Lestari Lasma (2016) EFEKTIVITAS MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP BRIGJEND KATAMSO II MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2112111006 SAMPUL.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2112111006 SAMPUL.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2112111006 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2112111006 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2112111006 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2112111006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2112111006 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2112111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2112111006 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2112111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2112111006 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2112111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2112111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2112111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2112111006 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2112111006 BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2112111006 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2112111006 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2112111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2112111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pengajaran langsung (direct instruction) dengan menggunakan media audio-visual terhadap keterampilan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Brigjend Katamso II Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experiment design dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model pengajaran langsung (direct instruction) dengan media audio-visual, sedangkan di kelas kontrol hanya menggunakan model pengajaran langsung (direct instruction). Populasi penelitian ini berjumlah 111 siswa dengan sampel 75 siswa, 38 siswa untuk kelas eksperimen dan 37 siswa untuk kelas kontrol. Instrument atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai.
Dari perhitungan analisis data, diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,8 (kategori baik), sedangkan untuk kelas kontrol adalah 64,1 (kategori cukup). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. dari perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 8,90, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = (N1+N2) - 2 = 73. Pada tabel “t” dengan df = 73 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,00. Kriteria pengujian adalah Hasil t0 diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,90 > 2,00, karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 005
Keywords: Model Pengajaran Langsung; Media Audio-Visual; Menulis Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:47
Last Modified: 21 Apr 2016 03:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item
View Item