Sibarani, Lestari Lasma (2016) EFEKTIVITAS MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP BRIGJEND KATAMSO II MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2112111006 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 2112111006 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
3. NIM 2112111006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM 2112111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 2112111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. NIM 2112111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 2112111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM 2112111006 BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
12. NIM 2112111006 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
13. NIM 2112111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pengajaran langsung (direct instruction) dengan menggunakan media audio-visual terhadap keterampilan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Brigjend Katamso II Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experiment design dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model pengajaran langsung (direct instruction) dengan media audio-visual, sedangkan di kelas kontrol hanya menggunakan model pengajaran langsung (direct instruction). Populasi penelitian ini berjumlah 111 siswa dengan sampel 75 siswa, 38 siswa untuk kelas eksperimen dan 37 siswa untuk kelas kontrol. Instrument atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai.
Dari perhitungan analisis data, diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,8 (kategori baik), sedangkan untuk kelas kontrol adalah 64,1 (kategori cukup). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. dari perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 8,90, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = (N1+N2) - 2 = 73. Pada tabel “t” dengan df = 73 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,00. Kriteria pengujian adalah Hasil t0 diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,90 > 2,00, karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 005 |
Keywords: | Model Pengajaran Langsung; Media Audio-Visual; Menulis Berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 03:47 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1891 |