Nababan, Frans Agustian (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 061255310026 JUDUL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 061255310026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM 061255310026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM 061255310026 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 061255310026 DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
6. NIM 061255310026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM 061255310026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 061255310026 DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 061255310026 BAB I .pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
13. NIM 061255310026 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa menggambar teknik dasar program keahlian teknik gambar bangunan padasiswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka berastagi melalui model pembelajarankoopetarif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yangdilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa30 orang.Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 20soal yang valid dari 25 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 20 soal sedang, dayabeda soal diperoleh 9 soal baik, cukup 10 soal, dan buruk 1 soal, uji reliabilitas0, 971 (sangat tinggi) dan pada siklus II diperoleh 20 soal yang valid dari 26 soal,indeks kesukaran soal diperoleh 20 soal sedang, daya beda soal diperoleh 11 soalbaik, cukup 8 soal, dan buruk 1 soal uji reliabilitas 0, 963 (sangat tinggi)Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari dua kalipertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri daritahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), danrefleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasilbelajar.Berdasarkan hasil evaluasi proses pada setiap pembelajaran danberdasarkan observasi keaktifan atau aktifitas siswa dalam penelitian ini,ditemukan siklus I nilai rata-rata aktitas belajar siswa yaitu 75 meningkat sebesar10% menjadi 85 pada siklus II. Untuk nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 76,33 dan meningkat sebesar 10% menjadi 86 pada siklus II. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar, 2)meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Nab p |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Menggambar teknik dasar; Pembelajaran tipe jigsaw; Penelitian tindakan kelas |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Pranandiah Popi Pitaloka |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18869 |