Saleh, Rahmad (2013) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 508311032 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. 508311032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
3. 508311032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
4. 508311032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. 508311032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. 508311032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. 508311032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. 508311032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 508311032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
10. 508311032 BAB I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
14. 508311032 BAB V.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Penggunaan Media Grafis dan Aktivitas Belajar siswa Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat dengan jumlah responden 30 orang.Data penelitian variabel Penggunaan Media Grafis (X1) dijaring dengan angket. Aktivitas Belajar siswa (X2) dijaring dengan angket. Dan Hasil belajar Menggambar Teknik (Y) dijaring dengan Observasi.Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel Penggunaan Media Grafis (X1) 25 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,86 pada taraf signifikansi 5%. (2) variabel Aktivitas Belajar siswa (X2) 24 soal yang valid, reliabilitas yang sangat tinggi sebesar 0,84 pada taraf signifikansi 5%.Uji normalitas dengan chi-kuadrat masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel Penggunaan Media Grafis (X1) yaitu χ²hit = 4,126 < χ²tab = 11,07 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (2) variabel Aktivitas Belajar siswa (X2) yaitu χ²hit = 5,5 < χ²tab = 11,07 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (3) variabel hasil belajar Menggambar Teknik (Y) yaitu χ²hit = 2,273 < χ²tab = 11,07 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%.Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Ŷ = - 0,12X1, uji kelinieran persamaan regresi Y atas X1 yaitu Fhit = < Ftab = 3,96 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Ŷ = + X1, uji kelinieran persamaan regresi Y atas X2 yaitu Fhit = 0,71 < Ftab = 2,72 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%.Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) variabel Penggunaan Media Grafis (X1) dengan hasil belajar Menggambar Teknik (Y) yaitu rhit = 0,57 > rtab = 0,423 menunjukkan korelasi positif dan berarti. (2) Aktivitas Belajar siswa (X2) dengan hasil belajar Menggambar Teknik (Y) yaitu rhit = 0,52 > rtab 0,423 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Penggunaan Media Grafis (X1) dengan hasil belajar Menggambar Teknik (Y). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Aktivitas Belajar siswa (X2) dengan hasil belajar Menggambar Teknik (Y). Dan terdapat hubungan yang positif dan berarti secara bersama-sama antara Penggunaan Media Grafis (X1) dan Aktivitas Belajar siswa (X2) dengan hasil belajar Menggambar Teknik (Y).Untuk meningkatkan hasil belajar Menggambar Teknik,diharapkan guru melakukan upaya yang dapat meningkatkan Aktivitas Belajar siswa dan membantu siswa dalam menguasai penggunaan Media Grafis. Untuk meningkatkan Aktivitas Belajar siswa diharapkan guru sebagai pendidik lebih mengikutsertakan siswa dalam merancang suatu bentuk yang ingin dibuat sehingga dapat menambah kemampuan berfikir kreatif siswa. Oleh karena itu sebaiknya guru memberikan dorongan-dorongan positif kepada siswa dan lebih menghargai siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604 207 19 Rit h |
Keywords: | Hasil belajar; Menggambar teknik; Media Grafis; Aktivitas; Siswa |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Pranandiah Popi Pitaloka |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18861 |