Syahputra, Reja PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DIKELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 508111040 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 508111040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 508111040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM. 508111040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
5. NIM. 508111040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 508111040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7. NIM. 508111040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 508111040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 508111040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
10. NIM. 508111040 BAB I .pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
14. NIM. 508111040 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untukmenemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matapelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pada kelas XI Kompetensi KeahlianTeknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.Subjek penelitian iniadalah siswa kelas XIB Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKNegeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak30 siswa, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untukmengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitiandilaksanakan.Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu di lakukan uji cobainstrument dengan uji validitas dan reliabilitas. Untuk menguji hipotesis dalampenelitian ini digunakan teknik analisis data secara deskriptif. Dalam hal inipeneliti menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu mencari nilai rata-rata,persentase keberhasilan belajar.Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil padasetiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkandalam penelitian ini, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusdari siklus I skor aktivitas siswa rata-rata 56,33 % meningkat menjadi 85,46 %pada siklus II. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi, pada siklusI dengan rata-rata 64,44% meningkat menjadi 86,67% pada siklus II.Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaranstruktural dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) pada Kelas XI kompetensi Keahlian Teknik GambarBangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Selain itu dapat menimbulkan suasanabelajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukansendiri makna dari pembelajarannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Sya p |
Keywords: | Aktivitas belajar; hasil belajar; Think - pair - share; Model pembelajaran kooperatif; RAB |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Pranandiah Popi Pitaloka |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18860 |