Pranita (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI I PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508311031 Cover.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
508311031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
508311031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
508311031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
508311031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (0B)
508311031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
508311031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (0B)
508311031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
508311031 BAB I.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
508311031 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
508311031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Statika Dan Tegangan pada kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri I Percut Sei Tuan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2012/2013, dengan jumlah siswa 25 orang dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran ilmu statika dan tegangan.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata diklat Ilmu Statika dan Tegangan sub kompetensi teori kesetimbangan dengan model pembelajaran NHT. Dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 67,99 meningkat pada siklus II menjadi 91,63. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 68,52 kategori penilaian tidak aktif meningkat pada siklus II dengan rata-rata 83,76 penilaian aktif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan sub kompetensi teori kesetimbangan di kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri I Percut Sei Tuan. Selain itu dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Statika dan Tegangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Pra p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif tipe NHT; Hasil belajar; Aktivitas siswa. |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Pranandiah Popi Pitaloka |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18853 |