Manurung, Nikosari PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PELATIHAN INDUSTRI (TRAINING WITHIN INDUSTRY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTEK KERJA BATU PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 50811039 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 50811039 PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. 50811039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. 50811039 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. 50811039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6. 50811039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. 50811039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
8. 50811039 BAB I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
12.50811039 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13.50811039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Praktek Kerja Batu siswakelas XI di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi dengan menerapkan Metode Training WithinIndustry.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan BetonSMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2013/ 2014 dengan jumlah siswa sebanyak 25orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasilbelajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan.Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan menggunakan penilaian lembar observasiaktivitas dan hasil belajar praktek kerja batu. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalahterlihat peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.Hasil penelitian dengan menerapkan Metode Training Within Industry pada siklus I aktivitasbelajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II aktivitas siswameningkat. Dimana aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori Tidak Baik (TB) adalahsebanyak 7 orang siswa, kategori Kurang Baik (KB) adalah sebanyak 8 orang siswa, kategoriCukup Baik (CB) adalah sebanyak 10 orang siswa, sedangkan pada siklus II mengalamipeningkatan yaitu untuk kategori Tidak Baik (TB), Kurang Baik (KB), dan kategori Cukup Baik(CB) tidak ada, kategori Baik (B) dari tidak ada menjadi 25 orang siswa.Rata-rata hasil belajar Praktek Kerja Batu siswa setelah dilakukan penerapan metode TrainingWithin Industry mengalami peningkatan, dimana dari siklus I nilai rata- rata hasil belajarmenggambar teknik dasar siswa adalah 70.7 dengan keterangan siswa tidak kompeten 2 orang,kurang kompeten 9 orang, cukup kompeten 12 orang, kompeten 2 orang, dan yang sangatkompeten tidak ada. Pada siklus II nilai rata - rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswameningkat menjadi 89.9 dengan keterangan siswa yang sangat kompeten 12 orang, kompeten 13 orang, sudah tidak ada siswa yang cukup kompeten, kurang kompeten dan tidak kompeten. Maka Hasil Belajar Siklus I meningkat 27.16% pada siklus II. Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan metode training within industry
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 624.180 719 Man p |
Keywords: | Metode ranah motorik; Aktivitas belajar siswa; Praktek kerja batu; Hasil belajar; Metode pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) N Fine Arts > ND Painting > ND1470 Technique and materials |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Pranandiah Popi Pitaloka |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18851 |