Simanjuntak, Darwis (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE EKSPOSITORI PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 POLLUNG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061255120064 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
061255120064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
061255120064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
061255120064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
061255120064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
061255120064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
061255120064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
061255120064 BAB I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
061255120064 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
061255120064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan Metode Problem Based learning dan Metode Ekspositori pada kompetensi menggunakan alat-alat ukur kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Pollung tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Pollung Program Keahlian Teknik Kendaraan ringan yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X¬1sebagai kelas ekperimen yang berjumlah 20 orang, kelas X2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 orang. Teknis analisis data menggunakan metode deskriptif dan uju t. Dari nilai tes akhir (postes) diperoleh skor rata-rata kelas ekperimen 70,25 dengan standar Deviasi 6,97 dan skor rata-rata kelas kontrol adalah 57,25 dengan standar Deviasi 8,35. Dari persyaratan analisis data hasil belajar berdistribusi normal dan juga homogen. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji thitung = 5,48 dan ttabel =1,70, thitung > ttabel (5,48 > 1,70) yang berarti hipotesis penelitian dapat diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan Metode Problem Based Learning dan Pendekatan Ekspositori pada standar kompetensi menggunakan alat-alat ukur siswa kelas X SMK N 1 Pollung tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar yang diajar dengan Metode Problem Based Learning lebih baik dari hasil belajar yang diajar dengan Pendekatan Ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 19 Sim p |
Keywords: | Alat Ukur; Pembelajaran; Hasil Belajar; AKtivitas; Kooperatif; Ekspositori; Problem Based Learning; Alat Ukur; Jangka Sorong; Micrometer; Dial Bone; Busur Baja |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18845 |