Tarigan, Astuty Sriwahyuni PENERAPAN METODE TUTORIALBERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AUTOCAD PESERTADIDIK KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
509111008 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
509111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
509111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
509111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
509111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
509111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
509111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
509111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
509111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
509111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarpeserta didik pada mata diklat Autocad dengan standar kompetensi menggambardengan perangkat lunak melalui Penerapan Metode Tutorial Berbasis KomputerPeserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian TeknikGambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014 denganjumlah siswa sebanyak 30 orang. Metode ini bersifat deskriptif yang bertujuanuntuk mengetahui rata – rata hasil belajar dan aktivitas siswa pada saat penelitiandilaksanakan.Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana untuk satu silkus terdiridari dua pertemuan. Untuk melihat peningkatan hasil belajar digunakan penilaianlembar hasil belajar dan observasi aktivitas praktek autocad. Hasil penelitian padasiklus I dengan mengguanakan Metode Tutorial Berbasis Komputer belummengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II hasil belajar danaktivitas belajar siswa meningkat. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian initerlihat peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada praktek autocad.Adapun hasil dari penelitian ini, dengan menggunakan Metode TutorialBerbasis Komputer diperoleh peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu dari 24peserta didik (80%) yang lulus dengan memperoleh nilai ≥70 pada siklus Imenjadi 28 peserta didik (93%) yang lulus pada siklus II. Sedangkan berdasarkanpengamatan aktivitas peserta didik dengan menggunakan Metode TutorialBerbasis Komputer dapat menuntun peserta didik lebih aktif dalam belajar danmenambah tanggung jawab dan kemandirian dalam diri peserta didik. Dari hasilobservasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar pesertadidik dari 73% yang aktif dengan nilai ≥70 pada siklus I menjadi 90% pada siklusII.Sebagai persentase kompetensi klasikal setelah dilakukan PenerapanMetode Tutorial Berbasis Komputer pada siklus I perolehan nilai hasil belajar dan aktivitas siswa dengan nilai ≥70 sebanyak 20 peserta didik (67%) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 28 peserta didik (90%) memperoleh nilai ≥70 padahasil belajar dan observasi aktivitas peserta didik. Maka peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dicapai adalah 90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Tar p |
Keywords: | Hasil belajar; Autocad; Metode tutorial berbasis komputer; Metode pembelajaran; Aktivitas belajar siswa. |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18817 |