Tinambunan, Leonardo (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PERMESINAN PERKAPALAN SMK SWASTA BAHARI HANGTUAH BELAWAN T. A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
5104121003 Cover.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5104121003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5104121003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5104121003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5104121003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5104121003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
5104121003 Bab I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
5104121003 Bab V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5104121003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar gambar teknik siswa kelas I jurusan Teknik Instalasi Permesinan Perkapalan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa tingkat I jurusan Instalasi permesinan Perkapalan Bahari Hangtuah Belawan sebanyak 61 orang. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik purpose sampling, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan strategi pembelajaran CLIS sebanyak 30 orang dan kelompok perlakuan strategi pembelajaran konvensional sebanyak 31 orang. Data penelitian dikumpul dengan mempergunakan tes hasil belajar menguasai Gambar Teknik dan dianalisis dengan anava dua jalur pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran CLIS dan strategi pembelajaran konvensional memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar menguasai Gambar Teknik dimana Fhitung(6,671) > Ftabel(4,012), (2) tinggi rendahnya Motivasi Berprestasi memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Gambar Ftabel (4,132) > Ftabel(4,012), (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran CLIS dan strategi pembelajaran konvensional dengan Motivasi Berprestasi dimana Fhitung(-1,166) < Ftabel (4,012).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 1 Tin p |
Keywords: | gambar; teknik; strategi; pembelajaran; konvensional; motivasi; berfikir; prestasi; interaksi |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18815 |