Sihaloho, Dedi Armadi (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN MESIN PRODUKSI SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
509621002 Cover.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
509621002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
509621002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
509621002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
509621002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
509621002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
509621002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
509621002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
509621002 Bab I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
509621002 Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
509621002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media komputer dan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan pada siswa kelas XI kompetensi keahlian di SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Mesin Produksi SMK Negeri 2 Medan.Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI kompetensi keahlian mesin produksi yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 136 orang, dimana setiap kelas berjumlah 32 orang kelas untuk kelas XI MP1, 34 orang kelas XI MP2, 36 orang kelas XI MP3, dan 34 orang kelas XI MP4. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas XI MP1 dan kelas XI MP2. Kelas XI MP1 diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media komputer, sedangkan kelas XI MP2 diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media cetak. Jadi total subjek yang akan di teliti sebanyak 66 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes objektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar kewirausahan yang diajar dengan menggunakan media komputer lebih tinggi dari pada hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan menggunakan media cetak. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 19,22 dan rata-rata kelas kontrol 14,56. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Lilliefors pada taraf kepercayaan α 0,05. Pada pembelajaran yang menggunakan media komputer diperoleh Lhitung = 0,09845 dan Ltabel = 0,15662 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel maka terdistribusi normal. Sedangan pembelajaran yang menggunkan media cetak atau kelas control diperoleh Lhitung = 0,123 dan Ltabel = 0,15194, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel maka terdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran yang menggunakan media komputer dan pembelajaran menggunakan media cetak diperoleh Fhitung =1,17 dan Ftabel = 1,77, maka Fhitung < Ftabel dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan uji Anova dengan taraf signifikan α 5% menunjukkan bahwa Fhitung 30,17 lebih besar dari Ftabel = 2,794, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media komputer lebih tinggi dari pada pembelajaran yang menggukan media modul kewirausahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.806 071 Sih p |
Keywords: | kewirausahaan; perilaku mandiri; hasil belajar; pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB501 Capital. Capitalism H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18814 |