Surianto (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR MELALUI PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 AIR JOMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061255120056 Cover.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
061255120056 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
061255120056 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
061255120056 Abstrak.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
061255120056 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
061255120056 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
061255120056 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
061255120056 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
061255120056 Bab I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
061255120056 Bab V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
061255120056 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah terutama pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang dengan menggunakan metode genius learning pada mata pelajaran alat ukur kelas X TKR. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMK N 1 Air Joman.Adapun sasaran penelitian ini adalah siswa SMK N 1 Air Joman dengan sampel ditentukan sebanyak 37 orang yaitu Kelas X TKR. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan alat pengumpulan data yaitu tes dan observasi.Teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik analisa deskriptif dengan menggunakan indikator keberhasilan tindakan sebesar 85 % siswa memperoleh nilai minimal 65. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X TKR yang diterapkan dengan menggunakan metode genius learning adalah nilai rata-rata kelas tersebut pada test awal 40,54 dan 10,82 % (4 orang) siswa yang tuntas, siklus I nilai rata-rata kelas naik menjadi 52,70 dan 40,54 % (15 orang) siswa yang tuntas, serta siklus II nilai rata-rata naik menjadi 85,14 dan 89,19 % (33 orang) siswa yang tuntas dalam belajar. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang diperoleh yaitu sebesar 89,19 % (sebanyak 33 siswa tuntas belajar dan memperoleh nilai minimal 65).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629 046 077/Sur/P |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Strategi Genius Learning; Alat Ukur |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18798 |