Ritonga, Aisyah (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR PEMBENTUKAN LOGAM DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING, STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI, DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508121014 Cover.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
508121014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
508121014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
508121014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
508121014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
508121014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
508121014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
508121014 Bab I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
508121014 Bab V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
508121014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dasar pembentukan logam dengan mengunakan strategi pembelajaran genius learning, inkuiri, dan ekspositori di kelas X TKR SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di 3 (tiga) kelas eksperimen. Kelas eksperimen adalah kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari tiga kelas. Kelas eksperimen pertama berjumlah 25 orang siswa, demikian juga di kelas eksperimen yang kedua 25 orang siswa, di kelas eksperimen ketiga berjumlah 25 orang siswa. Ketiga kelas tersebut yang menjadi subjek dalam penelitian ini, sementara objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan strategi genius learning, inkuiri, dan ekspositori beserta hasil belajar dasar pembentukan logam, pada kompetensi dasar menjelaskan proses pengecoran logam. Data penelitian ini dikumpulkan dengan melaksanakan tes. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal. Sebelum dilakukan tes di tiga kelas eksperimen, lebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda di masing-masing kelas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran genius learning, inkuiri, dan ekspositori masing-masing 16,04; 15,2 dan 14,64. Dari daftar distribusi F dengan dk pembilang 2 dan dk penyebut 72 dan peluang 0,95 didapat F = 3,13. Sementara dari perhitungan dengan rumus ANAVA diperoleh harga F = 4,122. Jadi, hipotesis Ho : μ1 = μ2 = μ3 di tolak dalam taraf nyata 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dasar pembentukan logam yang signifikan dengan menggunakan strategi pembelajaran genius learning, inkuiri, dan ekspositori di Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2012/2013. Dimana hasil uji lanjut menyatakan bahwa pengunaan strategi genius learning lebih baik dibanding dengan penggunaan strategi inkuiri dan strategi ekspositori dengan harga Fgenius learning-inkuiri = 2,79; Fgenius learning-ekspositori = 7,75; dan Finkuiri-ekspositori = 0,50 sementara harga Ftabel adalah 6,26.Kata kunci: Hasil belajar dasar pembentukan logam, genius learning, inkuiri, dan ekspositori
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629 046 071/Rit/P |
Keywords: | Belajar; Logam; Strategi pembelajaran; Genius Learning; inkuri; ekspositori |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18797 |