Panjaitan, Iwan Sunarya (2015) PENGARUH PENDEKATAN SUPERVISI DAN TIPE KEPRIBADIAN GURU TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMA NEGERI DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136132065 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 8136132065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
3. NIM. 8136132065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 8136132065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. NIM. 8136132065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 8136132065 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 8136132065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8136132065 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 8136132065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
13. NIM. 8136132065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
14. NIM.8136132065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui : (1) Apakah kompetensi pedagogik guru yang disupervisi dengan pendekatan kolaboratif lebih tinggi daripada guru yang disupervisi dengan pendekatan direktif, (2) Apakah kompetensi pedagogik guru yang memiliki kepribadian ekstrovert lebih tinggi dari yang memiliki kepribadian introvert, (3) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan supervisi dan tipe kepribadian terhadap kompetensi pedagogik.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment, dengan desain penelitian adalah ANAVA faktorial 2 x 2. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang di SMA N 8 Medan yang disupervisi dengan pendekatan supervisi kolaboratif dan 30 orang di SMA N 6 Medan yang disupervisi dengan pendekatan direktif. Data dikumpulkan dengan kuesioner untuk tipe kepribadian guru dan tes pilihan ganda untuk mengukur kompetensi pedagogik guru. Syarat Anava adalah data harus berdistribusi normal dengan lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji Bartlett dan uji Fisher. Data dianalisis dengan analisis varians dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil yang diperoleh (1) Kompetensi pedagogik guru yang disupervisi dengan pendekatan kolaboratif lebih baik daripada guru yang disupervisi dengan pendekatan direktif para guru SMA Negeri di Kota Medan, diperoleh Fhitung sebesar 15,22 (Ftabel = 4,02 , α = 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa Fhitung ˃ Ftabel , (2) Hasil kompetensi pedagogik guru yang memiliki kepribadian ekstrovert lebih baik dari yang memiliki kepribadian introvert, diperoleh Fhitung sebesar 7,86 (Ftabel = 4,02 , α = 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa Fhitung ˃ Ftabel, dan (3) Terdapat interaksi antara pendekatan supervisi dengan tipe kepribadian guru untuk meningkatkan hasil kompetensi pedagogik guru, diperoleh Fhitung sebesar 32,90 (Ftabel = 4,02 , α = 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa Fhitung ˃ Ftabel.
Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan supervisi dan tipe kepribadian terhadap kompetensi pedagogik guru. Dengan demikian disarankan pada pengawas sekolah menerapkan supervisi kolaboratif bagi guru yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert, dan supervisi direktif bagi guru yang memiliki tipe kepribadian introvert.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Pan p |
Keywords: | Kompetensi pedagogik guru; Kepribadian guru; Supervisi pembelajaran; Teknik supervisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 03:04 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1879 |