Nasution, Muhammad Taufik Ramadan (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN BUBUT (MPDMB) ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508121045 Cover.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
508121045 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
508121045 Abstrak.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
508121045 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
508121045 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
508121045 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
508121045 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
508121045 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
508121045 Bab I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
508121045 Bab V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
508121045 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar MPDMBdari siswa yang diajar dengan pembelajaran teams games tournament (TGT) lebihtinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelasXI Teknik Pemesian SMK Negeri 2 Pematangsiantar.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Pemesian SMKNegeri 2 Pematangsiantar tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalahpeserta didik kelas XI teknik pemesinan SMK Negeri 2 Pematangsiantar yangterdiri dari 2 kelas yang berjumlah 55 orang. Kedua kelas digunakan sebagaisampel karena jumlahnya yang kurang dari 100 orang, sehingga kelas XI TP1diterapkan strategi perlakuan pembelajaran teams games tournament sedangkanXI TP2 diterapkan perlakuan strategi pembelajaran konvensional, pada kelas XITP1 terdiri dari 27 orang siswa dan pada kelas XI TP2 terdiri dari 28 orang siswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianeksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan testobjektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Chi Kuadrat pada tarafkepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran teams games tournamentdiperoleh χ2 h = 3,468 dan χ2 t = 11,07 maka diperoleh χ2 h (3,468) < χ2 t (11,07) padakategori normal, dan pada pembelajaran konvensional χ2 h = 7,616 dan χ2 t = 11,07maka diperoleh χ2 h (7,616) < χ2 t (11,07) pada kategori normal. Untuk mengujihomogenitas antara pembelajaran teams games tournament dan konvensionaldigunakan uji barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh fhitung = 1,51 danftabel = 3,51, maka fhitung(1,51) < ftabel (3,51) dan disimpulkan bahwa varians sampeladalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan α =0,05untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 4,518 dan ttabel = 1,298sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa hasil belajar MPDMB siswayang diajar dengan strategi Pembelajaran Teams Games Tournament lebih tinggidari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.943 071 Nas p |
Keywords: | Mesin Bubut; Pembelajaran; TGT; Konvensional; Kooperatif |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial safety. Industrial accident prevention T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18784 |