Paldawan, Bambang (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PEMASANGAN DASARINSTALASI LISTRIK SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN STRATEGI PENGAJARAN LANGSUNG(DIRECT INSTRUCTION) DI SMK SWASTA TUNAS PELITA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
061255210046 Cover.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
061255210046 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
061255210046 Abstrak.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
061255210046 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
061255210046 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
061255210046 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
061255210046 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
061255210046 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
061255210046 Bab I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
061255210046 Bab V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
061255210046 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar penerapan dasarinstalasi listrik siswa dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division) dan strategi pengajaran langsung (direct instruction) di SMK Swasta Tunas Pelita Binjai. Dalam pembelajaran kooperatif, terdiri atas tujuh langkah, yaitu: penjelasan materi, belajar dalam kelompok, penilaian, dan pengakuan tim. Pengajaran langsung mempunyai 5 langkah dalam pelaksanaannya, yaitu menyiapkan siswa menerima pelajaran, demonstrasi,pelatihan terbimbing, umpan balik, dan pelatihan lanjut (mandiri). Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X Teknik Elektro SMK Tunas Pelita Binjai T.A 2011/2012. Populasi penelitian dari dua kelas. Teknik Pengambilan sampeldigunakan dengan cara teknik pemilihan langsung. Sampel penelitian ini adalahsiswa kelas X Teknik Elektro yang berjumlah 70 orang. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perbedaan dengan rumus Uji-t. Penelitian melibatkan dua kelas yaitu kelas X Ele 1 dan kelas X Ele 2 yang diberi perlakuan berbeda. Hasil penelitian diperoleh nilai rata – rata pada kelas eksperimen 7,11 dan kelas kontrol4,97, pada pengujian hipotesis penelitian bahwa thitung > ttabel (5,132 > 1,668) pada taraf α = 0,05 terdapat perbedaan. Dengan demikian dapat dilihat bahwa hasil belajar pemasangan dasar instalasi listrik siswa yang diajarkan dengan StrategiPembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) lebih baik dari pada hasil belajar pemasangan dasar instalasi listrik siswa yang diajarkan dengan Strategi Pengajaran Langsung (direct instruction) di SMK Swasta TunasPelita Binjai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.380 71 Pal p |
Keywords: | Hasil belajar; Instalasi listrik; Pembelajaran kooperatif; Pengajaran langsung; Instalasi penerangan; Gambar Instalasi Penerangan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TH Building construction > TH7700 Illumination. Lighting T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18777 |