Rumahorbo, Indra (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHANINDUSTRI (TRAINING WITHIN INDUSTRY) TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKANDASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL (MDDTD) PADA SISWA X TAV SMK NEGERI 1SIPISPIS T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131031 Cover.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
508131031 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
508131031 Abstrak.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
508131031 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
508131031 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
508131031 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
508131031 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
508131031 Bab I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
508131031 Bab V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
508131031 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar MenerapkanDasar-Dasar Teknik Digital dengan menggunakan Strategi PembelajaranPelatihan Industri pada siswa kelas X bidang keahlian Teknik Audio Video SMKNegeri 1 Sipispis. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X bidang keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Sipispis tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Sipispis terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total, sehingga sehingga sampel penelitian iniberjumlah 30 siswa dalam 1 kelas.Metode penelitian yang digunakan ada penelitian eksperimen, dimanadalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment). Teknikpengumpulan data dijaring dengan mengunakan test objektif berupa post test pilihan ganda dan test psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif,dengan mencari rata-rata nilai(mean) , standar deviasi danvarian total. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Lilliefors pada tarafkepercayaan (α) sebesar 0,05.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar MenerapkanDasar-Dasar Teknik Digital yang diajarkan dengan Strategi PembelajaranPelatihan Industri adalah 79,89 lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 70. Dengandemikian terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital dengan Strategi Pembelajaran Pelatihan Industri lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang mengunakan uji hipotesis yaitu uji- Z dimana Zhitung > Ztabel ,maka Ha yang berbunyi” Hasil belajar menerapkan dasardasarteknik digital yang diajar dengan menggunakan Strategi PembelajaranPelatihan Industri di SMK Negeri 1 Sipispis lebih tinggi dari standar ketuntasan minimal belajar secara signifikan. Dimana hasil belajar menerapkan dasar-dasar teknik digital lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal” diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.382 071 Rum p |
Keywords: | Belajar; Hasil belajar; Dasar-dasar tehnik; Strategi; Pengukuran ranah penilaian psikomotorik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 05:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18770 |