Simbolon, Cardiaman (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK MELATI PERBAUNGAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071255220030 Cover.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
071255220030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071255220030 Abstrak.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
071255220030 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
071255220030 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
071255220030 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071255220030 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071255220030 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071255220030 Bab I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
071255220030 Bab V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
071255220030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar memahami pengukuran komponen elektronika dari siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis Genius Learning lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X program keahlian teknik elektronika SMK Melati Perbaungan.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik elektronika SMK Melati Perbaungan tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian teknik elektronika SMK Melati Perbaungan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Kedua kelas digunakan sebagai sampel karena jumlahnya yang kurang dari 100 orang, sehingga kelas X ELE 1 diterapkan perlakuan pembelajaran berbasis Genius Learning sedangkan X ELE 2 diterapkan perlakuan pembelajaran ekspositori, yang tiap kelas terdiri dari 30 orang siswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran berbasis Genius Learning diperoleh Lhitung = 0,1295 dan Ltabel = 0,161 maka diperoleh Lhitung(0,1295) < Ltabel(0,161) pada kategori normal, dan pada pembelajaran ekspositori Lhitung = 0,1094 dan Ltabel = 0,161 maka diperoleh Lhitung(0,1094) < Ltabel(0,161) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran berbasis Genius Learning dan ekspositori digunakan uji barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh fhitung = 1,21 dan ftabel = 1,86, maka fhitung(1,21) < ftabel (1,86) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan α = 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 2,402 dan ttabel = 1,771 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Genius Learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 Sim p |
Keywords: | Pengukuran komponen elektronika; Strategi pembelajaran; Genius learning strategi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18763 |