Manik, Adhi Juanda (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANSTUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA (MDDE) SISWA KELAS XTITL SMK SWASTA TRI SAKTI 1 (TR) LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131013 Cover.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
508131013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
508131013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
508131013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
508131013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
508131013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
508131013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
508131013 Bab I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
508131013 Bab V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
508131013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajar menerapkan dasar-dasar elektronika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika siswa di kelas X TITL SMK Swasta Tri Sakti 1 (TR) Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tri Sakti 1 (TR) Lubuk Pakam pada semester genap dengan subjek adalah siswa kelas X TITL yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Dari hasil lembar observasi belajar siswa menunjukkan adanyapeningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 27,58% atau 8 orang untuk kategori aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 72.41% atau 21 orang siswa memiliki aktivitas kategori aktif hingga sangat aktif.Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah yang tuntas belajar adalah 51,72% atau 15 orang dengan rata-rata 67,06, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajarnya adalah 75,86% atau 22 orang dengan nilai rata-rata 72,76. Terjadi peningkatan 24,14%. Dari hasil perhitungan siklus II diperoleh hubungan antara aktivitas(variabel X) dengan hasil belajar (variabel Y) dimana rxy = 0,21 yang berarti menunjukkan adanya hubungan yang tinggi antara aktivitas dan hasil belajar, artinya jika aktivitas siswa tinggi maka hasil belajarnya juga akan tinggi sebesar 0,21. Sedangkan KP = 4,41% yang berarti kenaikan hasil belajar ditentukan oleh aktivitas sebesar 4,41%.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaranStudent Facilitator and Explaining pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika di kelas X TITL SMK Swasta Tri Sakti 1 (TR) Lubuk PakamTahun Pembelajaran 2012/2013 membuktikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 Man p |
Keywords: | Student facilitator; Siswa; Belajar; Elektronika; Guru; Hasil belajar; Resistor; Kapasitor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18759 |