Silitonga, Wilson Eldorado (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARANKONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMIPENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIANELEKTRONIKA SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
508131049 Judul.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
508131049 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
508131049 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
508131049 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
508131049 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
508131049 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
508131049 BAB I.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
508131049 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
508131049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Melati Perbaungan pada semester satu tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X Program Keahlian Elektronika yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X Elcom 1 menjadi kelaseksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan kelas XElcom 2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajarankonvensional. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika yang diajar denganstrategi pembelajaran kontekstual dan memiliki motivasi belajar tinggi adalahberdistribusi normal dimana Ltabel = 0,824 > Lhitung = 0,7611 dan data hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika yang diajar dengan strategipembelajaran kontekstual dan memiliki motivasi belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,346 > Lhitung = 0,2522 dan data hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional dan memiliki motivasi belajar tinggi adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,888 > Lhitung = 0,7745 dan data hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional dan memiliki motivasi belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,648 > Lhitung = 0,4751 dan kedua varians data adalah Homogen (  2 hitung = 1,065 <  2 tabel = 7,68). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran konvensional memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 289,877 >Ftabel = 4,030) (b) Tinggi rendahnya motivasi belajar memberi pengaruh yangberbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 4,309 > Ftabel = 4,03), (c) Adanya Pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = 4,634 > Ftabel = 4,03)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 Sil p |
Keywords: | Hakikat; Belajar MPKE; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Jan 2017 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18756 |