Awalyatun, Rafiqah (2015) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS OLEH PENGAWAS SEKOLAH PADA GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA NEGERI DI KOTA TAKENGEN. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8136132071 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM 8136132071 APPROVAL SHEET. pdf.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM 8136132071 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 8136132071 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM 81316132071 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
6. NIM 81316132071 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM 81316132071 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM 81316132071 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM 8136132071 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
13. NIM 8136132071 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 8136132071 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi klinis oleh pengawas sekolah terhadap guru mata pelajaran matematika SMA Negeri di Kota Takengen dalam (1) mengungkapkanlangkah-langkah pertemuan awal yang dilakukan pengawas sekolah terhadap guru binaannya, (2) mengungkapkan langkah-langkah observasi yang dilakukan pengawas sekolah terhadap guru binaannya, dan (3) mengungkapkan langkah-langkah pertemuan balikan yang dilakukan pengawas sekolah terhadap guru binaannya.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah fenomenologis yang menekankan pada fokus pengalaman subjektif manusia. Data implementasi supervisi klinis oleh pengawas sekolah ini diperoleh melalui wawancara, observasi terus-terang, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 4 orang pengawas sekolah rumpun mata pelajaran MIPA dan 23 guru mata pelajaran Matematika di Kota Takengen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa langkah pertemuan awal yang dilakukan pengawas sekolah terhadap guru binaannya belum tercapai, karena pengawas sekolah belum menganalisis pencapaian target keterampilan dan perhatian utama guru berdasarkan permasalahan guru yang muncul. Pada langkah observasi cara mengajar guru, pengawas sekolah masih menggunakan cara konvensional yakni hanya memantau dan menceklis instrumen supervisi. Ini artinya langkah observasi yang dilakukan pengawas sekolah terhadap guru binaannya juga belum tercapai. Langkah terakhir pada supervisi klinis yakni pertemuan balikan belum tercapai dengan baik karena masih menggunakan analisis permasalahan guru yang menyeluruh.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pengawas sekolah dan guru bahwa dalam mengimplementasikan supervisi klinis hendaknya fokus pada permasalahan yang dibutuhkan guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Awa i |
Keywords: | Supervisi klinis; zkompetensi guru; Pengawas sekolah; Implementasi program supervisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:47 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1875 |