Simanjuntak, Hongkop Martin Fernando (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 SIPISPIS TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508131030 Cover.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
508131030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
508131030 Abstrak.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
508131030 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
508131030 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
508131030 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
508131030 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
508131030 Bab I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
508131030 Bab V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
508131030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana pada pokok bahasan Memahamipemasangan instalasi listrik serta fungsi dari panel 1 fasa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Sipispis tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI bidang keahlian Teknik AudioVideo SMK Negeri 1 Sipispis tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X-L1 (Sepuluh Listrik Satu) jurusan yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen (kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD) adalah kelas XI LISTRIK 1 yang berjumlah30 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol (kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori) adalah kelas XI LISTRIK 2 yang juga berjumlah30 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indekskesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Memahami Sifat-Sifat Komponen Elektronik Pasif yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD memiliki skor rata-rata 14,60 sedangkan dengan menggunakan Model Ekspositori memiliki skor rata-rata 11,57. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Ekspositori pada mata pelajaran Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana di kelas XI SMK Negeri 1 Sipispis Tahun Ajaran 2012/ 2013, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung >ttabel yaitu 4.332> 1,693
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.307 1 Sim p |
Keywords: | Memasang instalasi penerangan listrik; Model pembelajaran; Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Jan 2017 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18749 |