Simanullang, Samhot Pardamean (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENCANAANGGARAN BIAYA (RAB) PADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508311035 Judul.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
508311035 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
508311035 Abstrak.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
508311035 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
508311035 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
508311035 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
508311035 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
508311035 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
508311035 Bab I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
508311035 Bab V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
508311035 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Rencana AnggaranBiaya (RAB) Pada kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIB Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak30 siswa, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu di ujicobakan dan dilanjutkan dengan uji validitas dan reliabilitas. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan teknik analisis data secara deskriptif. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu mencari nilai rata-rata, persentase keberhasilan belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkankriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, terjadi peningkatan aktivitasbelajar siswa pada setiap siklus dari siklus pertama skor aktivitas siswa rata-rata 73,06 % meningkat menjadi 85,10 % pada siklus ke dua. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa jugaterjadi, pada siklus pertama dengan rata-rata 74,71 meningkat menjadi 88,71 pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaranbermakna dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB)pada Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajaruntuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690.107 1 Sim p |
Keywords: | Anggaran biaya; Hasil belajar; Pembelajaran; TTW; Kooperatif; Teknik Bangunan; Gambar teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration T Technology > T Technology (General) T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH8001 Decoration and decorative furnishings T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Feb 2017 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18739 |