Ompusunggu, Edimarwanto PENGARUH PENGGUNAAN METODE SIMULASIDAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK KERJA BATU PADA SISWAKELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUNAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
508111018 Judul.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
508111018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
508111018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
508111018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
508111018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
508111018 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
508111018 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
508111018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
508111018 Bab I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
508111018 Bab V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
508111018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar praktek kerja batu siswa kelas XI SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2012/2013 yang diajar dengan menggunakan metode simulasi lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar praktek kerja batu siswa kelas XI SMK Negeri 1 Merdeka Tahun Ajaran 2012/2013 yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi (metode yang selama ini dipergunakan olehguru mata pelajaran). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton di SMKNegeri 1 Merdeka Berastagi yang di ambil secara acak pada kelas dengan undian sehingga didapat kelas XI Batu Beton kel.A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orangdan kelas XI Batu Beton kel.B sebagai kelas control dengan jumlah siswa 20 orang. Jadi total subjek yang diteliti adalah sebanyak 40 orang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dimana yangh ditelitihanya hasil post-test praktek batu. Adapun isntrumen penelitian ini adalah job sheet yang telah mengandung langkah-langkah untuk melakukan praktek. Dalam pengumpulan data, digunakan tes hasil belajar berupa tes praktek yang disusun oleh peneliti, guru mata pelajarandan dosen pembimbing. Dalam uji normalitas post-test pada kedua kelas diperoleh bahwa Lhitung<Ltabel,sehingga distribusi dinyatakan normal. Pada uji homogenitas data post-test menunjuk Fhitung = 1,04 < Ftabel = 4,096, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kedua kelas memilikivarians yang sama atau homogen.Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa, setelah kelaseksperimen dikenai pembelajaran metode simulasi dan kelas kontrol dengan pembelarann metode demonstrasi , nilai ttabel = 2,0588, berarti thitung = 6,7578 > ttabel = 2,0588, makadinyatakan hipotesis diterima bahwa pembelajaran metode simulasi memberi pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar praktek kerja batu pada siswa kelas XI teknik konstruksi batu beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2012/2013.Rerata peningkatan hasi; belajar mata pelajaran praktek kerja batu yang menggunakanpembelajaran metode simulasi pada kelas XI teknik konstruksi batu beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2012/2013 lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran metode simulasi. Dengan demikian poembelajaran metode simulasi memberi pengaruh yanglebih baik dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran praktek kerja batu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 693.071 Opm p |
Keywords: | Konstruksi; Bnangunan; Batu; Beton; Gambar tehnik; Praktek Kerja; Simulasi; Demonstrasi; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Feb 2017 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18731 |