Sebayang, Roy anugrahta (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIFMELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRYPADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGIT.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER- 508121050.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
PENGESAHAN- 508121050.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
ABSTRAK- 508121050.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
KATA PENGANTAR- 508121050.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
DAFTAR ISI- 508121050.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
BAB I- 508121050.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
BAB V- 508121050.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA- 508121050.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memacu motivasi belajar siswa guna meningkatkan hasilbelajar siswa dan untuk mengetahui bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Mata DiklatProduktif Melalui Metode Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 MerdekaBerastagi T.A 2012/2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah penerapanmetode pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar mata diklat produktif padasiswa kelas X OSM1 SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi?. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas, dimana penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajarmata diklat produktif melalui metode pembelajaran inquiry pada siswa kelas X SMK Negeri1 Merdeka Berastagi T.A 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X OSM1 diSMK Negeri 1 Merdeka yang terdiri dari 45 orang siswa dimana semua siswanya adalah lakilaki.Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran inquiry padapelajaran produktif khusunya pada kompetensi dasar menggunakan alat-alat ukur pneumatikdan menggunakan alat-alat ukur elektrik/elektronik dapat meningkatkan hasil belajar siswakelas X OSM1 SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilairata-rata hasil belajar siswa, dimana pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa 69,44dengan ketuntasan klasikal 64,4% meningkat menjadi 75,44 dengan ketuntasan klasikal88,8% pada siklus II, artinya dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dan hasil ketuntasanklasikal pada siklus terakhir menunjukkan telah tercapai ketuntasan belajar dari indikatoryang ditetapkan secara klasikal. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah62,55 meningkat menjadi 70 (cukup) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi terhadap gurupada siklus I sebesar 2,57 meningkat menjadi 3,28 (baik) pada siklus II dengan skor ideal4,00. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inquiry dapatmeningkatkan hasil belajar mata diklat produktif pada kelas X SMK Negeri I MerdekaBerastagi T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621 071 9 /Sub/u |
Keywords: | HASIL BELAJAR; MATA DIKLAT; PRODUKTIF; METODE PEMBELAJARAN; INQUIRY; EVALUASI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18708 |