Manalu, Leonardo (2012) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DASAR-DASAR PENGELASAN DAN GAYA BELAJAR DASAR-DASAR PENGELASAN DENGAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR PENGELASAN SISWA KELAS X PROGRAM TEKNIK MESIN OTOMOTIF SMK SWASTA CINTA RAKYAT PEMATANGSIANTAR T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
Cover-071255110038.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN-071255110038.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
KATA PENGANTAR- 071255110038.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
ABSTRAK- 071255110038.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
DAFTAR ISI-071255110038.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
BAB I- 071255110038.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
BAB V-071255110038.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA-071255110038.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Minat Belajar Dasar-Dasar Pengelasan dan Gaya Belajar Dasar-Dasar Pengelasan dengan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pengelasan Siswa Kelas X Program Teknik Mesin Otomotif SMK Swasta Cinta Rakyat Pematangsiantar Tahun Ajaran 2011/2012” dan untuk mengetahui tingkat kecenderungan Minat Belajar Dasar-Dasar Pengelasan, Gaya Belajar Dasar-Dasar Pengelasan dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pengelasan siswa. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yaitu bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penulisan dilakukan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X Program Teknik Mesin Otomotif SMK Cinta Rakyat Pematangsiantar dengan jumlah 68 orang, sehingga keseluruhan jumlah sampel dari 68 siswa adalah 26 diperoleh melalui perhitungan interpolasi dengan menggunakan tabel populasi dan tabel morgan(karena jumlah populasi tidak terdapat dalam tabel morgan). Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan tes objektif, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Minat belajar Dasar-Dasar Pengelasan dan Gaya Belajar Dasar-Dasar Pengelasan, sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Dasar-Dasar Pengelasan dijaring dengan menggunakan tes objektif berbentuk pilihan berganda.Validitas (kesahihan) instrument penelitian diuji dengan rumus Korelasi Product Moment untuk angket, sedangkan untuk tes digunakan Korelasi Point Biserial pada taraf signifikansi 5%. Reliabilitas (keterandalan) instrument penelitian diuji dengan rumus Koefisien Alpha yaitu sebesar 0,952 untuk angket Minat Belajar Dasar-Dasar Pengelasan dan untuk Gaya Belajar Dasar-Dasar Pengelasan sebesar 0,887 sedangkan untuk tes diuji dengan rumus KR-20 yaitu sebesar 0,887 untuk instrument Hasil Belajar Dasar-Dasar PengelasanUntuk uji keberartian dan kelinieran Hasil Belajar Dasar-Dasar Pengelasan (Y) atas variabel Minat Belajar Dasar-Dasar Pengelasan (X1) diperoleh Fhitung dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,26 sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 26,15 > 4,26. Sehingga regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikansi 5%. Pada uji kelinieran diperoleh Fhitung -0,177 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 2,87 sehingga Fhitung < Ftabel yaitu -0,177 < 2,87 sehingga hubungan X1 dan Y adalah positif dan berarti. Untuk uji keberartian dan kelinieran hasil belajar dasar-dasar pengelasan (Y) atas variabel Gaya Belajar Dasar-Dasar Pengelasan (X2) diperoleh Fhitung 27,57 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,26 sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 27,57 > 4,26. Sehingga regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikansi 5%. Pada uji kelinieran diperoleh Fhitung -0,426 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 2,87 sehingga Fhitung < Ftabel yaitu -0,426 < 2,87 sehingga hubungan X2 dan Y adalah positif dan berarti.Dari hasil analisis data diperoleh bahwa tingkat kecenderungan Minat Belajar dasar-dasar Pengelasan (X1) cenderung diatas rata – rata (34.615%) dan Gaya Belajar Dasar-Dasar Pengelasan (X2) cenderung diatas rata – rata (34.615%) sedangkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pengelasan (Y) cenderung diatas rata – rata (26.923%). Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan berarti dari Minat Belajar Dasar-Dasar Pengelasan dan Gaya Belajar Dasar-Dasar Pengelasan Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar pengelasan. Koefisien korelasi ganda R = 0,8782 sedangkan determinasi R2 = 0,711. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti dari Hubungan Minat Belajar Dasar-Dasar Pengelasan Dan Gaya Belajar Dasar-Dasar Pengelasan dengan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pengelasan Siswa Kelas X Program Teknik Mesin Otomotif SMK Swasta Cinta Rakyat Pematangsiantar Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 620.071 Man h |
Keywords: | Hasil Belajar; Gaya Belajar; Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18701 |