Silaban, Tuti H. (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BASIL BELAJAR MENGGAMBAR NIRMANA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
cover.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
1. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. BAB I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
8. BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Strategi Pembelajaran Inkaisi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasa Belajar menggambar Nirmana Pada Siswa Kelas X SMX. Negeri 1 Berastagi Tabun Ajaran 2011/2012. Penelitian jni adalah penelitian tindakan kolas pada siswa kelas X sebanyak 35 orang siswa trengan uud.siktui petnbelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metocie strategi pembelajaran ikuiri, yaitu cam atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejaia yang ada pada suatu objek penelitian.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes objektif dan lembar pengamatan kemampuan menggambar nirmana. Lembar observasi dilakukan untuk mengamati proses penerapan metode strategi pembelajan Inkuiri, tes objektif digunakan untuk menjaring data pengetahuan teori Menggambar Nirmana. Sedangkan lembar pengamatan digunakan untuk menjaring data kemampuan menggambar nimkana.Setelah dilakukan penelitian diperolch kesimpulan bahwa penerapan metode Inkuiri dapat meningkatkan basil belajar Menggambar Nirmana pada siswa Kelas X SMK Negeri 1 Berastagi sebesar 88,57%. Sebelum diterapkannya metode Inkuiri, basil belajar siswa cenderung rendah dengan skor rata-rata 55,25 serta rasio 34,286%, setelah diterapkan metode Inkuiri pada sildus I basil belajar siswa mengalatni pcningkatan dengan nilai rata-rata 68 serta rasio 37,143%. Kemudian setelah dilakukan berbagai perbaikan pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 88,886 Serta rasio 88,57%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646 Sil p |
Keywords: | Pembelajaran Inkuiri; Hasil Belajar menggambar Nirmana |
Subjects: | N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching N Fine Arts > NB Sculpture > NB1160 Designs and technique |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18690 |