Nurhalimah (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BUSANA PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA (KASUS DI SMK AKP GALANG). Undergraduate thesis, UNIMED.
cover.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
1. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
4. BAB I.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
8. BAB V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Model Pembelajaran yang digunakan di sekolah pada mata pelajaran Menggambar Busana belum maksimal sehingga hasil belajar pada mata pelajaran Menggambar Busana pada materi pokok menggambar bagian-bagian busana masih rendah”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural dapat meningkatkan hasil belajar menggambar busana pada siswa kelas X Tata Busana di SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana di SMK AKP Galang yang berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada tiap siklus dilaksanakan empat kali pertemuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes pengetahuan awal (Pre Test), tes hasil belajar menggambar busana selama proses pembelajaran berlangsung dan tes akhir pembelajaran (Post Test). Observasi aktifitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses pembelajaran belajar berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural.Dari hasil analisis diperoleh data pre test sebagai hasil belajar pengetahuan awal diperoleh 20% dengan siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa. Data post test siklus I dengan 48 % dengan jumlah siswa yang tuntas 12 siswa, dengan ketuntasan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu : ≥ 70 %. Sedangkan post test pada siklus II mencapai hasil belajar siswa yang tuntas yaitu : 21 siswa atau 84 %, sehingga siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu : ≥ 70 %.dengan kriteria penilaian sangat baik.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural pada materi pokok Menggambar Bagian-Bagian Busana pada siswa Kelas X Tata Busana Di SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang dapat meningkatkan hasil belajar Menggambar Busana. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural dapat membangun paradigma pembelajaran yang berpusat dari siswa serta memperbaiki model pembelajaran yang belum dicapai secara maksimal dalam Menggambar Busana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646 Nur p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar; Menggambar Busana |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) N Fine Arts > NB Sculpture N Fine Arts > NB Sculpture > NB1160 Designs and technique N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18689 |