Pebriyanti, Rika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123111066 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM 2123111066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM 2123111066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM 2123111066 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM 2123111066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM 2123111066 TABLES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7. NIM 2123111066 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM 2123111066 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
12. NIM 2123111066 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13. NIM 2123111066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa faktor diantaranya ialah guru menggunakan model pembelajaran yang kurang membangkitkan motivasi siswa dalam pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi. Selain itu penelitian ini juga didasarkan pada belum tercapainya nilai rata-rata siswa terhadap nilai KKM yang sudah ditentukan. Jenis narasi yang dijadikan fokus penelitian adalah narasi ekspositoris, dimana jenis narasi ini menggunakan bahasa yang informatif serta tidak boleh fiktif. Dengan kata lain, jenis narasi ini menceritakan suatu peristiwa berdasarkan data yang sebenarnya. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) merupakan model pembelajaran yang inovatif yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi. Proses pembelajaran dengan menggunakan model ini menekankan pada pembelajaran dengan prinsip peer tutoring yang bertujuan untuk meningkatkan pikiran kritis serta kreatif siswa.
Metode dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi tanpa perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 60,24 sedangkan setelah diadakan perlakuan model termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 85,08. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 11,5 > 1,68 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team assisted Individualization (TAI) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 039 |
Keywords: | Model Team Assisted Individualization (TAI); Teks Wawancara; Narasi Ekspositoris. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1867 |