Iskandar, Zulfan (2013) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARANDENGAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN/SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN SISWAKELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 AIRJ. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4.Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7.DAFTAR ISI zOeLF4N.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
8.BAB I zOeLF4N.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
12.BAB V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubunganantara Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Gurudalam Melaksanakan Pembelajaran dengan Hasil Belajar Pemeliharaan/ServisSistem Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian TeknikKendaraan Ringan Di SMK Negeri 1 Air Joman yang terdiri dari 2 kelassebanyak 50 siswa dengan jumlah sampel keseluruhan sebanyak 50 siswa.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Data kemandirian belajar dan persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dijaring dengan menggunakan angket, sedangkan data hasil belajar pemeliharaan/servis sistem bahan bakar bensin dengan daftar kumpulan nilai. Hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa tingkat kecenderungan kemandirian belajar berada dalam kategori Cukup (62%) dan persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran juga berada dalam kategori Cukup (66%), sedangkan hasil belajar pemeliharaan/servis sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Air Joman Kisaran Tahun Ajaran 2012/2013 berada dalam kategori Baik/Kompeten (88%). Dari hasil analisis penelitian juga dapat diperolehkesimpulan bahwa;(1). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antarakemandirian belajar dengan hasil belajar pemeliharaan/servis sistem bahanbakar bensin dengan thitung = 2.293;(2). Terdapat hubungan yang positif danberarti antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam melaksanakanpembelajaran dengan hasil belajar pemeliharaan/servis sistem bahan bakarbensin dengan thitung = 2.293;(3). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemandirian belajar dan persepsi siswa terhadap kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran secara bersama – sama dengan hasil belajarpemeliharaan/servis sistem bahan bakar bensin dengan R = 0.434.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.046 071 9 Isk h |
Keywords: | Kemandirian beajar; Persepsi siswa; Kompetensi; Guru; Pembelajaran; Hasil belajar. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles T Technology > TP Chemical technology > TP315 Fuel |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Jul 2019 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18664 |