Sormin, Remita (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 071255410071 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
NIM 071255410071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
NIM 071255410071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
NIM 071255410071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 071255410071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 071255410071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 071255410071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 071255410071 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
NIM 071255410071 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
NIM 071255410071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pempembelajaran NHT dikelas X Tata Busana pada pelajaran pembuatan pola baby doll. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research) yang dilakukan di SMK Negeri 3 Pematang Siantar pada tahun ajaran 2011/2012. Adapun sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 Tata Busana di SMK Negeri 3 Pematang Siantar dengan sampel 17 orang. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi atau pengamatan. Metode penelitian ini meliputi sebagai berikut : (1). Pertemuan awal oleh peneliti dengan guru mata pelajaran, untukmerencanakan tugas dan teknik pelaksanaan tindakan serta penyusunan instrument yang akan digunakan.(2). Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang telah disepakati dimana penelitian direncanakan 2 siklus yang akan dilakukan pada bulan Mei – Juni 2012. Setiap siklus mencakup aktivitas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan hasil pembuatan pola baby doll, lalu dianalisis dengan analisa persentase. Dengan menggunakan indicator keberhasilan tindakan sebesar 70% siswa memperoleh nilai minimal 70. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 17 orang siswa hanya 8 siswa yang ( 47.06%) yang tuntas, sedangkan 9 siswa (52.94%) belum tuntas pada siklus I.ini berarti pada siklus I belum tercapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil analisis setelah diberikan tindakan siklus II yaitu, dari pengamatan sebanyak 15 siswa ( 83.23%) tuntas dalam belajar sedangkan 2 siswa (11.77%) belum tuntas dalam belajar. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar pembuatan pola siswa SMK Negeri 3 Pematang Siantar tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berarti bahwa penerapan numbered head together ( NHT) dapat dijadikan sebagai alternative dalam pembelajaran pembuatan pola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.071 Sor p |
Keywords: | Model Pembelajaran Numbered Head Together; Hasil Belajar; Siswa; Pola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18650 |