Irvan, Ahmad (2015) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP GURU BIDANG KEAHLIAN KEJURUAN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136132059 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM. 8136132059 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
3. NIM. 8136132059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 8136132059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM. 8136132059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 8136132059 TABLES.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7. NIM. 8136132059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 8136132059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
9. NIM. 8136132059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM. 8136132059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 8136132059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi akademik oleh pengawas sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Kota Medan. Subjek penelitian ini merupakan pengawas sekolah dan guru mata pelajaran produktif yang bertugas di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam.
Temuan dalam penelitian ini adalah 1) rencana kegiatan supervisi akademik yang dimiliki oleh pengawas disusun oleh tim penelitian dan pengembangan KKPS SMK Kota Medan, 2) pelaksanaan supervisi akademik hanya sebatas pemantauan dan penilaian kegiatan mengajar guru di kelas, belum ada pelaksanaan bimbingan dan pelatihan untuk mengatasi masalah dan kebutuhan guru, 3) tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan berupa diskusi bersama guru membahas hasil observasi dan penilaian yang telah dilakukan oleh pengawas sekolah, belum ada rencana maupun keputusan untuk menentukan aksi supervisi akademik pada tindakan selanjutnya.
Terdapat beberapa hal yang menjadi faktor hambatan dan tantang serat beberapa hal yang mendukung dalam implementasi supervisi akademik. Hambatan itu antara lain: 1) latar belakang bidang studi pengawas sekolah yang berbeda dengan guru binaan, 2) komunikasi pengawas sekolah dan guru yang belum terbina dengan baik, serta 3) kompleksitas tugas dan tanggung jawab pengawas sekolah yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Medan. Sedangkan faktor pendukunya yaitu sudah terbentuknya Kelompok Kerja Pengawas Sekolah yang merupakan wadah untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapin oleh pengawas sekolah dalam melakukan supervisi akademik. Selain itu, tingginya motivasi dan harapan guru akan pembinaan dan bimbingan yang diberikan pengawas sekolah juga menjadi faktor lainnya yang dapat mendukung implementasi supervisi akademik pada sekolah menengah kejuruan.
Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini berupa penerapan beberapa pendekatan, model, dan teknik supervisi akademik yang bisa digunakan oleh pengawas sekolah guna membantu pengawas sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Rekomendasi tersebut dihasilkan atas berbagai dasar pertimbangan permasalahan dan kebutuhan guru serta kondisi pengawas sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Irv i |
Keywords: | Supervisi akademk; Pengawas sekolah; Sekolah menengah kejuruan; Model supervisi akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:05 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1865 |