Gultom, Rohandi Anwar (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODUL DAN TANPA MODUL PADA STANDAR KOMPETENSI MEMELIHARA SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KELAS XI SEMESTER II SMK TRI SAKTI LUBUK PAKAM T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
061255110013 Judul.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
061255110013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
061255110013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
061255110013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
061255110013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
061255110013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
061255110013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
061255110013 Bab I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
061255110013 Bab V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
061255110013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Pembelajaran Menggunakan modul dengan Pembelajaran tanpa modul pada standar kompentensi memelihara sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Trisakti Lubuk Pakam tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Trisakti Lubuk Pakam yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang, kelas X2 sebagai kelas control yang berjumlah 30 orang Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif dan uji t. Dari nilai tes ahir( Post-tes) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 71,33 dengan standar Deviasi 6,29 dan skor rata-rata kelas kontrol adalah 56,5 dan standar Deviasi 6,04. Dari uji prasyarat analisis data hasil belajar berdistribusi normal dan juga homogen. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t, diperoleh thitung =19,8 dan ttabel =1,694 (9,8 > 1,694) yang berarti hipotesis penelitian dapat diterima. Hasil ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan Pembelajaran menggunakan modul dengan Pembelajaran Tanpa Modul pada standar kompentensi memelihara sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI SMK Trisakti Lubuk Pakam tahun ajaran 2011/2012. Hasil belajar yang diajar dengan Pembelajaran Menggunakan Modul lebih tinggi dari hasil belajar yang diajar dengan Pembelajaran Tanpa Modul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 620 Gul p |
Keywords: | Modul; Validitas;Tes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18648 |