HASAN, ANWAR S. R. (2012) HUBUNGAN MOTIVASI PRAKTEK DAN PEMAHAMAN PENERAPAN PROSEDUR KERJA DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTEK PEMESINAN PADA SISWA KELAS X DI SMKN 2 PADANG SIDIMPUAN T. A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 071255120023 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
NIM 071255120023 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
NIM 071255120023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
NIM 071255120023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 071255120023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM 071255120023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM 071255120023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM 071255120023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 071255120023 BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
NIM 071255120023 BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
NIM 071255120023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan yang linier dan berarti antara Motivasi praktek dan Pemahaman penerapan prosedur kerja baik sendiri-sendiri maupun secara bersamam-sama dengan Hasil belajar praktek pemesinan pada siswa kelas X Program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional, yaitu bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada suatu penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 63 orang yang menurut Arikunto Suharsimi ditetapkan sampel penelitian adalah jumlah semua siswa kelas X yaitu 63 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk motivasi praktek, angket untuk pemahaman penerapan prosedur kerja dan sebuah jobsheet untuk hasil belajar praktek pemesinan. Jumlah Instrumen Motivasi Praktek 33 item yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,824 tergolong sangat tinggi dan jumlah instrumen Pemahaman Penerapan Prosedur Kerja 32 item yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,860 tergolong sangat tinggi. Dan instrument hasil belajar pemesinan dengan rhitung = 0,633 dan rtabel = 0,361 pada taraf signifikan 5% sehiingga rh > rt (0,633>0,361), maka dapat disimpulkan bahwa ada kesepakatan antara 3 observer sehingga instrument observasi dapat digunakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang linier dan berarti anatara Motivasi Praktek dengan hasil belajar praktek pemesinan (rhitung = 0,5713), terdapat hubungan yang linier dan berarti antara Pemahaman Penerapan Prosedur Kerja dengan hasil belajar praktek pemesinan (rhitung = 0,5506). Selanjutnya kecenderungan data variabel dari perhitungan diketahui masing-masing variabel cenderung cukup. Hasil analisis menunjukkan bahwa Sumbangan Efektif variabel Motiasi praktek (X1) terhadap Hasil belajar praktek pemesinan (Y) = 16,69%. Dan sumbangan efektif variabel pemahaman penerapan prosedur kerja (X2) terhadap hasil belajar praktek pemesinan (Y) = 21,30%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel mempunyai pengaruh yang cukup tinggi terhadap hasil belajar praktek pemesinan. Implikasi menunjukkan penerimaan terhadap semua hipotesis. Dengan demikian diharapkan perlu kiranya menjadi bahan pertimbangan bagi pihak pengelola khususnya guru SMKN 2 Padangsidimpuan dalam upaya meningkatkan Motivasi praktek dan Pemahaman penerapan prosedur kerja yang dapat mendukung Hasil belajar pemesinan peserta didik dengan cara meningkatkan metode belajar mengajar, fasilitas pendukung praktek dan sarana belajar mengajar serta penggunaan staretegi belajar mengajar yang tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 620 Has h |
Keywords: | Motivasi ;Relevan;Populasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18643 |