Dongoran, Madhyta Hasyrah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
8 BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 250 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII H yang berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai.
Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 64,5, standar deviasi = 8,11 sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 80,00, standar deviasi = 6,97. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 7,09. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=31 diperoleh taraf signifikansi 5% = 0,8, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 1,10 > 0,8, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 018 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:03 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1864 |