HUTAGALUNG, BONGGAS MARUASAS (2012) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK MESIN PADA SISWA KELAS X SMK TRI SAKTI LUBUK PAKAMTAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 0531805 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
NIM 0531805 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
NIM 0531805 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
NIM 0531805 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
NIM 0531805 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
NIM 0531805 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
NIM 0531805 DAFTRA TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM 0531805 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM 0531805 BAB I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
NIM 0531805 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
NIM 0531805 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Motivasi Belajar dan Kreativitas Belajar secara sendiri-sendiri, maupun secara bersama-sama dengan Kemampuan Belajar Menggambar Teknik Mesin dari siswa Kelas X SMK 1 Tri Sakti Lubuk Pakam dan untuk mengetahui tingkat kecenderungan motivasi belajar, kreativitas belajar dan Kemampuan belajar menggambar teknik mesin siswa. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional, yaitu bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMK 1 Tri Sakti Lubuk Pakam yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah 54 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan tabel Krejcie dan Morgan yang kemudian dilakukan perhitungan interpolasi sehingga didapat sampel sebanyak 46 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket Skala Likert untuk variabel motivasi belajar dan kreativitas belajar. Sedangkan data Kemampuan belajar menggambar teknik mesin siswa merupakan data dokumentasi yaitu nilai hasil ujian akhir semester program diklat menggambar teknik mesin siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi parsial dan korelasi ganda pada taraf signifikansi α = 5%. Hasil deskripsi dan analisis data menunjukkan bahwa :1) rata-rata hasil belajar menggambar teknik mesin siswa adalah 81,02 dengan tingkat kecenderungan dibawah rata-rata (39,130 %), 2) rata-rata motivasi belajar adalah 88,32 kategori dibawah rata-rata (30,435 %), 3) rata-rata kreativitas belajar siswa adalah 83,21 dengan tingkat kecenderungan dalam kategori dibawah rata-rata (30,435 %), 4) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar menggambar teknik mesin siswa (r = 0,394) garis regresi , 5) terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas belajar dengan hasil belajar menggambar teknik mesin siswa (r = 0,607) garis regresi dan 6) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama dengan kemampuan belajar menggambar teknik mesin siswa (r = 0,613) dengan persamaan regresi , dan koefisien determinasi R2 = 0,375 artinya 37,5% variansi yang terjadi pada kemampuan belajar menggambar teknik mesin siswa dapat dijelaskan oleh motivasi dan kreativitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 260 Hut h |
Keywords: | Motivasi; Kreativitas;Instrumen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18631 |