LUMBAN GAOL, BOY (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DENGAN METODE EKSPOSITORI PADA STANDAR KOMPENTENSI MELAKSANAKAN PROSEDUR PENGELASAN PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 POLLUNG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 061255120058 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
NIM 061255120058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
NIM 061255120058 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM 061255120058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
NIM 061255120058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
NIM 061255120058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 061255120058 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 061255120058 BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
NIM 061255120058 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 061255120058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Inkuiri dengan Metode Ekspositori pada standar kompentensi melaksanakan prosedur pengelasan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Ajaran 2011/2012 Penelitian ini menggunakan metode eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang, kelas X2 sebagai kelas ckontrol yang berjumlah 30 orang Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif dan uji t. Dari nilai tes ahir ( Post-tes) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 71,33 dengan standar Deviasi 6,29 dan skor rata-rata kelas control adalah 56,5 dan standar Deviasi 6,04. Dari uji prasyarat analisis data hasil belajar berdistribusi normal dan juga homogen. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t, diperoleh thitung =19,8 dan ttabel =1,694 (19,8 > 1,694) yang berarti hipotesis penelitian dapat diterimaHasil ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Inkuiri dengan Metode Ekspositori pada standar kompentensi melaksanakan prosedur pengelasan, siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Ajaran 2011/2012, Hasil belajar yang diajar dengan menggunakan Metode Inkuiri lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 620 Lum p |
Keywords: | Taksonomi Bloom;Kognitif; Afektif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18629 |