MANIK, ELMON SP (2012) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SEMESTER GENAP TP. 2011/2012 DI SMK SWASTA TRISAKTI LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 510310892 COVER.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
NIM 510310892 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM 510310892 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
NIM 510310892 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
NIM 510310892 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM 510310892 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
NIM 510310892 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM 510310892 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
NIM 510310892 BAB I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
NIM 510310892 BAB V.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
NIM 510310892 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya: (1) hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar Menggunakan Alat-alat Ukur, (2) hubungan antara komunikasi interpersonal dengan hasil belajar Menggunakan Alat-alat Ukur, dan (3) hubungan antara motivasi berprestasi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan hasil belajar Menggunakan Alat-alat Ukur. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Tri Sakti Lubukpakam yang tersebar di 2 kelas dengan jumlah 60 orang, dan penarikan sampel menggunakan tabel Krejie-Morgan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 52 orang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis survey dengan pola kajian korelasi. Instrumen penelitian ini adalah angket dengan model skala Likert untuk variabel motivasi berprestasi dan komunikasi interpersonal, sedangkan untuk variabel hasil belajar Menggunakan Alat-alat Ukur digunakan data dokumentasi yakni nilai dari Daftar Kumpulan Nilai (DKN). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar Menggunakan Alat-alat Ukur, dengan koefisien korelasi 0.576 dan koefisien determinasi sebesar 0.332, sedangkan sumbangan efektif yang diberikan mencapai 30.06%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dengan hasil belajar Menggunakan Alat-alat Ukur dengan koefisien korelasi 0.503, dan koefisien determinasi sebesar 0.253, sedangkan sumbangan efektif yang diberikan mencapai 20.00%, dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan hasil belajar Menggunakan Alat-alat Ukur dengan koefisien korelasi 0.721 dan koefisien determinasi sebesar 0.520.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 620 Man h |
Keywords: | Relevan;Instrumen;Operasional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18621 |