Siagian, Melva Yulisa (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TATA KECANTIKAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN HAND OUT DAN METODE KERJA KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PEENGERITINGAN RAMBUT SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
BAB I.dpdf.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
BAB V.dpdf.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMK Neger 3 Tebing Tinggi T.P 2012/2013 dengan menggunakan media pembelajaran Hand Out dan metode kerja kelompok.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Reseach) yang merupakan penelitian partisipan dimana guru terlibat secara langsung dalam penelitian dari proses awal sampai akhir kegiatan penelitian yang dilakukan di dalam kelas dan peneliti sebagai mitra guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi dimana subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Tebing Tinggi yang berjumlah 27 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan tes observasi dan angket. Tes digunakan adalah pretest dan postest siklus I dan Siklus II. Sedangkan observasi aktivitas siswa dilakukan secara langsung pada saat proses pembelajaran dan angket dilakukan untuk melihat minat belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa yaitu 9 orang (26%) siswa yang tuntas pada saat pretest, 11 orang (41%) siswa yang tuntas pada Siklus I, dan 25 orang (92%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) pada Siklus II. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari postest siklus I ke postest siklus II sebesar 52%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Hand Out pada mata pelajaran pengeritingan rambut dalam materi teknik penggulungan rambut dikelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Tebing Tinggi T.P 2012/2013 dapat meningkat hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa penggunaan media pembelajaran Hand Out dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran pengeritingan rambut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.171 Sia u |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Media Pembelajaran Hand Out; Metode Kerja Kelompok; Pengeritingan Rambut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18616 |