BUTAR BUTAR, HENDRA (2012) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN BUBUT DENGAN MINAT BERWIRASWASTA PADA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 71255110044 COVER..pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
NIM 71255110044 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (825kB) | Preview
NIM 71255110044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
NIM 71255110044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM 71255110044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
NIM 71255110044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
NIM 71255110044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (742kB) | Preview
NIM 71255110044 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM 71255110044 BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
NIM 71255110044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Hubungan antara Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Dengan Minat Berwiraswasta Pada Siswa Kelas Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 58 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Untuk mendapatkan data Tingkat Ekonomi Keluarga Dan Kecerdasan Emosional dijaring dengan menggunakan angket dan Hasil Belajar Menggambar Teknik Siswa dijaring dengan menggunakan dokumentasi nilai Formatif. Sebelum angket dipergunakan terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument penelitian yang dilaksanakan di SMK Siap Mandiri 1 Percut Sei Tuan. Jumlah angket dalam penelitian terdiri dari 35 butir pada variable kemandirian belajar dan 35 butir pada variable minat berwiraswasta. Diperoleh 31 butir angket yang valid untuk variable kemandirian belajar dengan reliabilitas 0,981 yang dikategorikan sangat tinggi; 32 butir angket yang valid untuk minat berwiraswasta dengan reliabilitas 0,967 yang dikategorikan sangat tinggi. Dengan demikian kedua variabel memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi. Tingkat kecenderungan Kemandirian Belajar Smk Negeri 1 percut sei Tuan berada dalam kategori cukup 84 % sementara hasil belajar kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut dalam kategori tinggi 66,7% dan Minat berwiraswasta berada dalam kategori cukup 78 %. Hasil analisis pengujian hipotesis dalam penelitian ini diperoleh bahwa 1) Kemandirian Belajar dengan Minat berwiraswasta (Ha diterima) dengan ry.1.2 = 0,632 > rtabel = 0,279 dan besar thitung = 3,638 > ttabel = 1,697 ; 2) Hasil belajar kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut dengan Minat Berwiraswasta (Ha diterima) dengan ry.2.1 = 0,669 > rtabel = 0,279 dan besar thitung = 6,235 > ttabel = 1,697; 3) Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut terhadap Minat Berwiraswasta (Ha diterima) dengan R hitung = 0,669 > Rtabel = 0,279 dan besar Fhitung 19,072 > Ftabel = 3,19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 260 But h |
Keywords: | Berwiraswasta; Populasi; Instrument |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18614 |