Hafiza (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP PGRI 9 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 209111027 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 209111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 209111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM 209111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM 209111027 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 209111027 TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 209111027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
8. NIM 209111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
12. NIM 209111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13. NIM 209111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis berita oleh siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 140 siswa SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan. Sampel diambil secara random sampling (acak kelas), yaitu sebanyak 35 siswa kelas VIII-1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis puisi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.
Metode dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis berita sebelum menggunakan media gambar berseri termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 61,6 sedangkan sesudah menggunakan media gambar berseri termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 81,9. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel atau 15,38 > 2,03 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan terhadap media gambar berseri dalam menulis teks berita.
Hal ini membuktikan bahwa media gambar berseri berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 049 |
Keywords: | Media Gambar Berseri; Kemampuan Menulis Berita. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 01:51 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1861 |