PANGGABEAN, BASANI ELSERIA (2012) PENERAPAN STRATEGI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN PERALATAN TANGAN DAN LISTRIK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 71255310045 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
NIM 71255310045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
NIM 71255310045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
NIM 71255310045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
NIM 71255310045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
NIM 71255310045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
NIM 71255310045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
NIM 71255310045 BAB I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
NIM 71255310045 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
NIM 71255310045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan strategi Problem-Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar pada Mata Pelajaran Menggunakan Peralatan Tangan dan Listrik pada kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2011/2012.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Apakah dengan diterapkannya strategi Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Tangan dan Listrik? (2) Bagaimana keaktifan siswa pada penerapan strategi Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Tangan dan Listrik? (3) Bagaimana tanggapan siswa tentang strategi Problem-Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Tangan dan Listrik?Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 20 orang. Data diambil dari tes siswa, lembar observasi dan angket siswa.Ujicoba instrument penelitian dilakukan untuk mendapatkan soal yang baik dan dapat digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Jumlah soal yang diujicobakan 60 soal terdiri dari 30 soal siklus pertama dan 30 soal siklus kedua. Siklus pertama terdapat 25 soal yang valid atau 83% dann siklus kedua terdapat 24 soal yang valid atau 80%.Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa penerapan strategi Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses berpikir siswa. Peningkatan ini dapat dilihat pada dua siklus pembelajaran yang berlangsung di kelas. Praktek kerja siswa pada siklus pertama dengan hasil rata-rata 70,0 meningkat pada siklus kedua menjadi 81,0. Keaktifan belajar siswa juga terjadi peningkatan, pada siklus pertama pertemuan I keaktifan siswa sebesar 66%, pertemuan II meningkat menjadi 83,5%. Siklus kedua pertemuan I keaktifan siswa sebesar 71%, pertemuan II meningkat menjadi 82,5%. Taggapan siswa tentang strategi Problem-Based Learning (PBL) dikategorikan sangat baik dengan persentase 86,3%.Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Menggunakan Peralatan Tangan dan Listrik pada kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2011/2012. Selain itu dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam menyelesaikan masalah nyata yang terjadi berkaitan dengan proses belajar mengajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690 Pan p |
Keywords: | Tindakan ;Penelitian ;Indikator Kinerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18600 |