LUMBANTOBING, YENTRIANI R. (2012) PENERAPAN METODE LATIHAN (DRILL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AUTOCAD PADA PESERTA DIDIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 508 111 050 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
NIM 508 111 050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
NIM 508 111 050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
NIM 508 111 050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
NIM 508 111 050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM 508 111 050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
NIM 508 111 050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
NIM 508 111 050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM 508 111 050 BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
NIM 508 111 050 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
NIM 508 111 050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata diklat AutoCAD dengan standar kompetensi menggambar layout dekorasi interior dan eksterior pada kompetensi dasar menggambar 3-D daun pintu melalui penerapan metode latihan (drill) di kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012.Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas dalam bentuk siklus I pembelajaran menggambar 3-D daun pintu papan dan pada siklus II pembelajaran menggambar 3-D daun pintu papak dan siklus II pembelajaran menggambar 3-D daun pintu panil. Subjek penelitian ini peserta didik kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data, hasil belajar peserta didik diperoleh dengan menganalisa tingkat ketuntasan peserta didik.Adapun hasil dari penelitian ini, dengan menggunakan metode latihan (drill) diperoleh peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu dari 22 peserta didik (88%) yang lulus pada siklus I menjadi 24 peserta didik (96%) yang lulus pada siklus II dan 25 peserta didik yang lulus pada siklus III. Sedangkan berdasarkan pengamatan aktivitas peserta didik dengan menggunakan metode latihan (drill) dapat menuntun peserta didik lebih aktif dalam belajar dan menambah tanggung jawab dan kemandirian dalam diri peserta didik. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari 85.33% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II kemudian mendadi 94,67 % pada siklus III. Sebagai persentase kompetensi klasikal ditetapkan 90% peserta didik memperoleh nilai >70 pada hasil belajar dan observasi aktivitas peserta didik.Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode latihan (drill) di kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada mata diklat AutoCAD dengan standar kompetensi menggambar layout interior dan eksterior dan kompetensi dasar menggambar 3-D daun pintu pada SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012 membuktikan peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690 Lum p |
Keywords: | Latihan;Pembelajaran;Metode Latihan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Cecilia Tampubolon |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18598 |